Akhirnya Wisuda!

17 Desember 2020

Hai hai!

Postingan ini awalnya diketik sekitar hampir dua bulan yang lalu, tapi baru tuntas hari ini. Jadi, yah... izinkan aku mengabadikan momen ini. Momen yang sebenarnya sudah aku idam-idamkan sejak masih berstatus 'maba'.

Saat itu harapanku tidak jauh dari semoga bisa lulus tepat waktu dan juga semoga bisa lulus bareng temen-temen. Akan tetapi, mimpiku kandas begitu memasuki semester akhir. Tanggung rasanya, tinggal satu semester lagi. Aku pikir semua akan baik-baik saja selama kita berusaha, tapi nyatanya ada saja hal-hal yang di luar kendali, yang membuatku mau nggak mau harus memperpanjang semester.

Tahun 2019 termasuk tahun yang berat bagiku. Hari-hari panjang nan melelahkan bersama tugas akhir. Tidak ada gairah lagi akan hal-hal yang aku sukai, seperti buku dan menulis, yang bagiku adalah lebih dari sekadar teman. Dan, yang paling membuatku down saat mengetahui Ibu sakit. 

Yudisium berlangsung pada bulan Juli tahun lalu. Aku putuskan tidak langsung daftar wisuda dan memilih untuk pulang, kembali ke 'rumah'. Dua bulan setelahnya, barulah aku daftar wisuda sambil memperkirakan kemungkinan jadwal wisuda. Semoga sebelum pergantian tahun, harapku.

Menunggu tiga bulan lebih, aku rasa itu sudah penantian yang cukup panjang. Teman-teman dari kampus lain, satu per satu bahkan lebih dulu wisuda. Sabar, sabar. 

Lalu, pandemi coronavirus hadir dan membuat masa tungguku semakin terasa tak berujung.

Faktanya, untuk sampai hari wisuda, aku butuh waktu satu tahun satu bulan lamanya!

Memang benar, manusia bebas berencana, tapi ada kuasa-Nya menentukan dan mengendalikan segalanya.

Hari wisuda kala itu benar-benar campur aduk. Ke Malang bersama, kumpul bareng keluarga, pada akhirnya itu hanya jadi wacana.

Berhubung tak ada foto bareng keluarga di hari spesial itu, karena anggota keluarga ada yang di luar kota, jadi aku request foto ilustrasi ini sebagai kenang-kenangan. Digabungkan dari beberapa foto supaya jadi satu frame. 


Big thanks to ilustrasibykai via Moselo!

post signature

1 komentar

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤