Tips Efektif Promosi Jualan di Tiktok

18 Juni 2021

Hai hai!

Aplikasi Tiktok telah berhasil menarik masa untuk menjadi pengguna. ByteDance telah menciptakan aplikasi media sosial berbasis video pendek yang tak hanya ramai di negara asalnya (China), tapi juga di seluruh dunia. Pada tahun 2020, Tiktok menjadi aplikasi paling banyak diunduh, dengan total mencapai lebih dari 850 juta unduhan. Menurut Phone Arena yang dihimpun oleh Kompas Tekno, mencapai 80% pengguna mengatakan jika Tiktok menjadi platform yang paling menghibur, karena Tiktok sendiri merupakan aplikasi media sosial yang tidak hanya bisa membagikan video pendek saja, tapi pengguna juga bisa membuat dan mengedit video pendek dengan berbagai filter yang unik disertai musik sebagai pelengkap video.

Gambar oleh Kon Karampelas dari Pixabay

Menariknya, saat ini video Tiktok tidak hanya bisa kita lihat di aplikasi asalnya saja. Kini video Tiktok berseliweran di berbagai media sosial kita seperti di Instagram, Youtube, bahkan Facebook. Sehingga tak heran jika konten-konten di Tiktok cepat sekali viral.

Bisnis go digital memang telah menjadi alternatif dalam meningkatkan penjualan. Media sosial telah menjadi pilihan dalam pemasaran. Banyak bisnis daring yang memanfaatkan Instagram, Facebook, dan Youtube dalam beriklan.

Tapi, tahukah kalian ternyata Tiktok juga dapat kalian gunakan untuk memasarkan produk? Salah satu alasan mengapa kalian perlu melirik dan mulai menggunakan Tiktok sebagai media pemasaran karena banyak penggunanya, bahkan Tiktok diprediksi jika pengguna aktif bulanan secara global pada Mei 2022 akan mencapai lebih dari satu miliar.

Wah, bisa kalian bayangkan bukan, pasar yang begitu besar ada di sana.

Tentunya ini merupakan angin segar bagi pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Kesempatan besar ini tentu tidak boleh kalian sia-siakan. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara memasarkan produk di Tiktok secara efektif? Pastinya kalian tidak mau kan, hasil video pendek yang kalian sudah buat dan edit hanya lewat begitu saja tanpa mendatangkan pembeli?

Lalu, bagaimana cara meracuni mereka agar membeli produk kalian?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Ubah akun Tiktok menjadi akun bisnis
Mengapa harus mengubah terlebih dahulu menjadi akun bisnis? Agar bisnis yang kalian jalankan terlihat lebih profesional. Keprofesionalan ini akan membangun perhatian dan kepercayaan pelangganan. Ciptakan awareness terhadap brand kalian. Jangan lupa untuk memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis yang kalian jalankan, lengkapi foto profil, dan masukkan deskripsi bisnis dengan lengkap di bagian biodata, lengkap dengan link website atau e-commerce toko kalian.

2. Buatlah konten yang menarik dan hastag yang relevan
Konten yang menarik akan memberi perhatian lebih pada produk kalian. Bagaimana menciptakan konten yang menarik dan viral? Kalian bisa mencoba tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang tren saat ini sesuai dengan bisnis kalian. Cara lainnya, kalian bisa mengajukan pertanyaan kepada audiens seperti mengadakan polling. 

Gambar oleh Pabitra Kaity dari Pixabay

Seperti yang kalian lihat, di Tiktok banyak konten yang berisi tentang kesenangan dan kreativitas. Berkreativitaslah dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan. Seperti saat pembuatan video peluncuran produk, tambahkan musik yang pas dan efek-efek yang membuat video terlihat estetik. Gunakan hastag yang relevan karena hastag akan memudahkan dalam pencarian produk dan menjadi rujukan dalam memberi rekomendasi video pada pengguna lainnya.

3. Marketing dengan cara dan waktu yang tepat
Tak mau kalah dengan aplikasi sosial media lainnya, Tiktok juga menyediakan fitur Ads. Kalian dapat menggunakannya dalam membantu pemasaran produk. Selain Ads, menggunakan jasa influencer juga bisa jadi salah satu cara yang patut untuk dicoba.

Hal efektif lainnya adalah dengan memposting konten di waktu yang tepat. Kalian harus mampu menganalisis di jam berapa biasanya orang-orang membuka Tiktok, sehingga iklan atau postingan yang kalian pasang tepat sasaran. Kalian juga bisa memposting konten dengan sound yang lagi viral agar potensi ditonton oleh banyak orang lebih tinggi.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam memasarkan produk di Tiktok sehingga mampu meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat!

post signature

Posting Komentar

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤