Pengalaman Pertama Kali Jualan di Shopee

24 Juni 2021

Hai hai!

Siapa di sini yang pengguna Shopee? Entah itu sebagai pembeli, penjual, atau malah keduanya.

Kiri (2019) - Kanan (2021)

Selama kuliah, nggak pernah terbesit mau jualan online di marketplace. Eh, pas mumet ngerjain tugas akhir, malah tergerak buat jualan.

Dapat orderan pertama itu rasanya senang pakai banget, karena tiba-tiba aja gitu ada yang order. Benar-benar sebuah kejutan. Nggak heran, kalau aku semangat banget sewaktu mengemas orderan pertama. Kemas rapi pakai kertas kado pula!

Nah, saking gapteknya aku dulu, aku sampai cari-cari informasi mengenai tata cara kirim paket Shopee di J&T. Bahkan sampai ke nanti-ngomong-ke-petugasnya-gimana-ya.

Waktu itu, aku pernah salah cantumkan nomor resi, yang harusnya berawalan JP, aku masukkan kode resi yang masih loading. Beruntung, petugas J&T-nya ramah dan siap membantu. Setelah permasalahan beres, paketku berhasil diproses deh.

Aku baru nekat jualan di Shopee sekitar akhir 2019. Awal jualan lokasi masih di Malang. Jualannya buku. Sekarang sudah menetap kembali di salah satu kota di Kalimantan Timur. Jualannya gado-gado banget, random abis, nggak hanya buku. Berhubung domisili Kalimantan, efeknya, pembeli tuh jadi suka mikir dua kali begitu lihat ongkos kirimnya. Ya meskipun tokoku sendiri sudah ikut program Gratis Ongkir XTRA, tetap aja bagi pembeli, menemukan fakta kalau ongkirnya di atas 20ribu itu mau nggak mau, perlu dikaji lebih dalam. 

Sekian cerita singkatku. Kemungkinan akan ada beberapa postingan mengenai Shopee di blog ini. Ditunggu ya!

post signature

7 komentar

  1. Masalah ongkos kirim memang menjadi salah satu pertimbangan pembeli di olshop.

    BalasHapus
  2. Hello, I have loved this post, I have been the most interesting.
    I loved your post, I did not know your blog, do you want us to follow us? you tell me. regards

    BalasHapus
  3. Oh very good shop darling

    BalasHapus
  4. Aku kalau di Shopee belum pernah pecah telor, kurang paham optimasinya nih. Baru paham di Lazada aja. Jualan di Lazada alhamdulilah udah lumayan penjualannya. Padahal pelanggan shopee lebih loyal yak sepeetinya. Terima kasih telah berbagi pengalaman.

    BalasHapus
  5. Aku baru rencana nih jualan di shopee. Baru pernah jualan di tokped, itu pun cuman sebentar aja. Seseru itu emang jualan online. Semoga laris ya Mba jualannya!

    BalasHapus
  6. Woww merambah dunia onlenshyo0p misss

    Aku belanja pun belum pernah
    kalo ada yang mau beli selalu minta dibeliiin ke kakak ku via shopee dia

    Jd biar dia yg bayarin sekalian hahahha

    BalasHapus
  7. Enak kok jualan di marketplace,tapi ya gitu ada trik dan tipsnya. Nentu harga, promo, foto, balas chat dan sebagainya.. hehhe

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤