Pentingnya Detoks Digital

1 Juni 2021

Hai hai!

Di kehidupan zaman sekarang memang tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi yang setiap harinya akan semakin berkembang pesat. Penggunaan perangkat digital sudah menjadi satu hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari laptop, tablet, komputer, ponsel, dan perangkat lainnya.


Dari perangkat tersebut, terbukti bahwa kita sangat terbantu dalam aktivitas seperti sekolah, kuliah, kerja, hingga belanja daring. Namun ternyata menggunakan perangkat digital tersebut secara terus menerus juga kurang bagus untuk kesehatan seseorang.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kita dapat melakukan satu aktivitas yang bernama detoks digital.

Apa itu detoks digital?

Detoks digital adalah waktu di mana seseorang tidak menggunakan perangkat digital (seperti smartphone, laptop, komputer, dan lain-lain) untuk sementara waktu.

Saat melakukan detoks digital, kita didorong untuk melakukan kegiatan lain. Detoks digital dianggap akan menghadirkan ketenangan serta kedamaian karena kita bisa terhindar dari gangguan-gangguan digital. Hasilnya, kita jadi lebih fokus dalam menghadapi semua hal yang terjadi dalam kehidupan nyata.

Lalu, apa ciri-ciri yang menandakan bahwa kita membutuhkan detoks digital?
1. Merasa diwajibkan untuk memeriksa ponsel setiap beberapa menit sekali
2. Merasa takut ketinggalan akan suatu hal jika tidak mengecek perangkat digital
3. Pola tidur terganggu dan sering begadang
4. Sering murung, cemas, dan gampang marah setelah menghabiskan waktunya di sosial media

Nah, jika Anda termasuk dalam ciri-ciri di atas, segeralah melakukan detoks digital demi kebaikan diri kalian masing-masing.

Selesaikan kewajiban utama Anda sebelum melakukan detoks digital. Entah itu aktivitas (sekolah, kuliah, pekerjaan) yang membutuhkan ponsel dan perangkat digital lainnya, maka selesaikan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan detoks digital ini di luar jam tersebut.

Sebelum Anda melakukan detoks digital, dan utamanya berniat akan menonaktifkan ponsel sepenuhnya, alangkah baiknya Anda menyampaikan pesan terlebih dahulu ke teman, keluarga, teman kerja, atau bahkan orang yang membutuhkan Anda.

Dengan memberitahu mereka, maka tidak akan terjadi hal-hal yang memicu kepanikan, melainkan akan muncul pengertian dan bahkan dukungan dari mereka. 

Anda dapat melakukan kegiatan lain untuk mengalihkan perhatian dari layar ponsel atau perangkat digital lainnya selama Anda melakukan detoks digital. Entah itu membaca buku, menulis, berkebun, menyapu halaman rumah, olahraga, memasak, dan kegiatan positif lainnya. Disarankan untuk membuat jurnal harian, tulis apa saja yang Anda rasakan setelah melakukan kegiatan tersebut.


Tidak hanya membantu fokus dalam kehidupan sehari-hari, detoks digital juga memiliki manfaat lainnya terutama bagi kesehatan.

Manfaat detoks digital bagi kesehatan, antara lain:

1. Membantu mengurangi rasa depresi
Jika Anda ingin bangkit dari rasa depresi, cobalah melakukan detoks digital. Mungkin ini bisa menjadi salah satu solusi. Dengan menghindari sosial media untuk sementara waktu, Anda dapat lebih fokus bersosialisasi secara langsung terhadap orang lain.

2. Performa pekerjaan membaik
Jika Anda melakukan detoks digital ini selama sekali dalam seminggu, maka akan mampu membuat pikirkan kita lebih kreatif dan fokus ke depan. Sehingga produktivitas dalam bekerja juga akan meningkat.

3. Membuat tidur lebih berkualitas
Buruknya kualitas tidur di malam hari memiliki dampak yang sangat serius terhadap kesehatan. Bahkan ada yang tidak sadar dan akhirnya bergadang karena sedang asiknya berselancar di dunia digital.

Kurang tidur ini menyebabkan tubuh kita merasa lelah. Kelelahan inilah yang mengakibatkan kesulitan untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari yang akhirnya berujung pada khawatir, performa kerja menurun, dan bahkan stress.

Sebaliknya, dengan melakukan detoks digital, Anda tidak akan mengalami yang namanya gangguan tidur. Dengan demikian, tidur malam Anda akan lebih nyenyak dan berkualitas. Sehingga siap untuk menyambut hari esok dengan bangun pagi dalam posisi kondisi badan segar, bugar, dan siap beraktivitas.

4. Mempererat tali silaturahmi hubungan sosial
Cobalah sesekali untuk melakukan detoks digital dengan menjauhkan ponsel, laptop, atau perangkat digital lainnya saat berkumpul dengan teman, kerabat, atau keluarga kita.

Dengan begitu, Anda dapat bersosialisasi dengan orang-orang sekitar kita, sehingga hubungan yang terjalin bisa semakin erat.

Detoks digital ini sungguh terdengar tidak mungkin bagi kita. Namun, bila dilakukan secara perlahan dan konsisten, maka Anda akan mendapatkan manfaat dari kegiatan detoks digital, terutama dalam manfaat kesehatan diri kita.

Jadi, jangan ragu lagi ya melakukan detoks digital demi kebaikan kita sendiri.

Menjauh sejenak dari ponsel ternyata sangatlah bermanfaat dan bahkan menyenangkan loh!

post signature

4 komentar

  1. Nah, ini nih sempet ngalamin pas bulan puasa kemarin. Bawaannya begadaaang melulu gara-gara kepengen main HP, hahaha. Untungnya cepat sadar dan sekarang pola tidur sudah kembali :D

    BalasHapus
  2. baru tau kalau ada detoks digital
    sejauh ini yang gue tau hanya detox sosmed, serta detox dengan minuman aja

    tapi emang perlu kayaknya sih ya
    apalagi kalau suka begadang karena selalu mengecek handphone

    sejauh ini sih, sudah bisa mengendalikan
    saat mau tidur, akan menaruh hape yang jauh dari kasur
    serta, kalau tiap nongkrong gitu sih, emang jarang banget buat buka hape

    BalasHapus
  3. Oh very interesting darling

    BalasHapus
  4. Setujuu! Memang detoks digital itu perlu. Manfaat dari detoks digital yang paling aku rasakan adalah demi kesehatan mental dan mata 😂. Mata ini perih banget kalau harus menatap layar terus, jadi detoks digital perlu banget biar mata nggak cepat minus 😂

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤