Kirim Paket >100 KG? Lewat Hexa Malang Saja!

7 Februari 2021

Hai hai!

Sekitar bulan November 2019, aku memutuskan untuk mengirim sebagian besar isi kamar kosku, ke mana lagi kalau bukan ke Sangatta. Kebanyakan memang buku, berhubung aku seorang penimbun buku. Dulu. Sekarang mah sudah nggak lagi. Saking mabuk buku, kini aku mulai beralih ke buku digital. 

Awalnya aku ngekos berdua, sampai awal 2017 partner satu kamarku pulang kampung karena sudah lulus lebih dulu. Iya, dia memang angkatan dua tahun lebih tua dariku. Selama di Malang, aku nggak pernah pindah kos, jadi ya... di situ situ aja. Selain karena aman, orang tuaku juga menganjurkan aku buat ngekos di sana karena sudah kenal juga dengan pemilik kosnya. Begitulah.

Gara-gara aku mau pindahan (yang sebenarnya nggak bisa dibilang pindahan karena motor dan secuil barangku masih stay di sana), aku menyadari dengan sangat kalau... barang-barang di kamar ternyata SANGAT BANYAK. 

Berjam-jam aku memasukkan satu demi satu ke dalam kardus rokok. Sebelumnya, aku beli kardus rokok karena ukurannya besar dan bahannya tebal nan kokoh. Belinya tentu saja di Pasar Besar Malang. Setelah finish dengan urusan mengepak, aku takjub karena totalnya tujuh kardus. Yang mana tiap kardusnya tentu saja berat.

Beneran dong berat, buktinya begitu ditimbang, beratnya menembus lebih dari 100 kg. Aku kaget. Bapakku nggak begitu kaget.

Untuk urusan pengiriman, aku percayakan ke ekspedisi Hexa Malang. Jujur saja, ini kali pertama aku gunakan Hexa. Kenapa Hexa? Sebelumnya, aku telah survei ke beberapa ekspedisi. JNE, J&T, dan POS. Tapi, sayang sekali untuk paket seberat itu biayanya tentu saja nggak sedikit. Begitu ke counter Wahana, orangnya menyarankan Lion Parcel dan Hexa. Aku lupa alasannya kenapa aku nggak jadi pakai yang Lion Parcel hingga akhirnya aku percayakan ke Hexa saja.

Tarifnya terbilang terjangkau kalau pakai Hexa. Untuk minimal 30 kg, per kilogram dikenakan 13ribu. Di bawah 30 kg, biayanya akan sama dengan pengiriman 30 kg. Selain itu, aku juga dimudahkan karena adminnya responsif dan paket bisa dijemput di tempat. Perkiraan sampai termasuk cepat, dari Malang ke Sangatta kurang lebih satu minggu saja. 


Di tahun 2020, aku juga sempat kirim sekardus lewat Hexa. Berhubung nggak sampai 30 kg (kalau nggak salah beratnya hanya 27 kg), jadi biaya kirimnya digenapin ke 30 kg.

Nggak tahu kenapa, biaya kirim yang kedua beda sama yang pertama. Entahlah, apa mungkin tiap waktu biayanya berubah-ubah ya? Untungnya yang kedua lebih murah, yakni 9ribu/kg. Paket sampai ke rumah nggak lebih dari satu minggu juga.


Oh ya, buat kirim motor juga bisa loh pakai Hexa. Rencananya aku mau kirim motor dengan menggunakan Hexa. Berhubung masih rencana, jadi aku belum bisa sharing lebih detail. Mungkin lain waktu ya.


Kalau ditanya Hexa rekomen apa enggak, tentu saja HIGHLY RECOMMENDED

Sekian ceritaku soal kirim-kirim barang lewat Hexa. Thank you buat yang sudah baca postinganku.

Sampai jumpa di postingan berikutnya ya.

post signature

6 komentar

  1. Gilaaa barang-barang pribadi beratnya nyampe ratusan kilo dan dipaketin. :D
    Kalo aku biasa juga beli buku komik sampai puluhan kilo karena belinya borongan, biasanya sih pakai Dakota, ongkirnya lumayan murah juga kalau dibanding JNE Trucking.

    Kalau Hexa ini juga murah banget ya, ratusan kilo ongkirnya 'cuma' segitu. Sayangnya banyak yang belum kenal sama Hexa, di kotaku Pemalang Hexa juga belum ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener-bener nggak menyangka juga bisa sampai segitu beratnya. :')

      Kalau Dakota pernah dengar, tapi belum pernah nyoba. Di Malang ada juga. Sepertinya memang banyak pilihan cargo ya yang jarang diketahui tapi ternyata bersahabat tarif kirimnya.

      Hapus
  2. Huwowww sampe 100 kg

    Waktu aku pulang habis ke kampung halaman dan habis kosan karena sudah selesai S2, habis 400-an ribu buat pengiriman 30-an Kg

    Mahal ngga sih ituu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, 30 kg lumayan juga ya. Jatohnya 13ribu sekian per kg. Menurutku itu termasuk tarif yang terjangkau.

      Hapus
  3. wah makasih ya reviewnya

    jadi ada referensi lain kalau mau oaketin benda berat hihi

    btw keren ih pindahannya pakai jasa oaket..kalau aku berhubung dulu pindahan jarak dekat jadi aku sewa truk aja hehehe...


    nice review nih..aku bookmark dulu siapa tau nanti ada kepwrluan oakai ekspedisi ini ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, kak. Barangkali nanti mau pindahan luar pulau, bisa dicoba ekspedisi yang satu ini. :)

      Hapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤