Kilas Balik 2020

2 Januari 2021

Hai hai!

Dua ribu dua puluh. Usai sudah.

Tahun lalu, kuhabiskan lebih banyak waktu di rumah, dengan pikiran yang penuh dan hampir nggak pernah bisa diam. Jam tidur yang semula cukup normal jadi ya-jam-satu-bisa-tidur-itu-udah-bagus. Pandemi datang nggak tahu diri, melenyapkan beberapa rencana yang sudah dipupuk sejak lama. Meski begitu, aku rasa tentu nggak semuanya pahit.


Oke, flashback dulu ya!

1. WISUDA DARING
Hal paling nano-nano di tahun 2020 buatku ya... wisuda. Kebayang nggak sih, daftar wisuda bulan September 2019, dapat jadwal yang seharusnya bulan April, tapi karena pandemi ini jadinya diundur ke bulan Oktober 2020? Ujung-ujungnya wisuda daring. Tanpa dikirimi seperangkat perlengkapan wisuda pula, minimal dapat toga, berhubung sudah dibayar lunas juga. Nyatanya nggak dapat. 

2. E-BOOK CERITA TENTANG KITA TERBIT



Salah satu ceritaku yang bikin gagal move on saking sayangnya. Bisa dibaca di Gramedia Digital (klik: di sini). Penerbit Bhuana Sastra.

3. SEMANGAT MEMBACA TURUN DRASTIS
Sebenarnya, aku bukan orang yang teramat senang membaca. Aku hanya senang menimbun buku. Membeli, menimbun, lalu melupakan. Kebiasaan yang buruk, bukan? Sejak mengurus tugas akhir, selera bacaku langsung terjun payung. Seharusnya yang terjadi kebalikannya, ya kan? Entahlah, hingga saat ini aku masih nggak kuat untuk berkutat dengan buku terlalu lama.

4. MISFIL SHOP BANGKIT
Jika tahun-tahun sebelumnya, aku lebih sering berdiri di posisi pembeli. Nah, tahun 2020 ini menjadi tahun yang menuntutku buat aktif berjualan. Aku belajar mandiri seputar jualan online hingga akhirnya aku buka akun toko di Tokopedia dan Carousell (sayangnya dua ini nggak bergerak) dan ya... utak-atik segala macam di akun tokoku di Shopee. 


Hingga akhir 2020, meskipun nggak setiap hari ada orderan, tapi lumayan bergeraklah. Selain itu, aku juga buka jasa di Fiverr. Baru dapat tiga orderan sih di sana, tapi senangnya bukan main. :)

5. YOUTUBE CHANNEL SEDIKIT DEMI SEDIKIT TUMBUH


Bisa dibilang tahun lalu aku cukup produktif, apalagi saat awal-awal pandemi. Apa aja aku buat video. Puluhan video sudah aku unggah dalam kurun waktu setahun. Kanal YouTube-ku juga lolos persyaratan monetisasi, 1000 subscribers dan 4000 jam tayang. Saat ini masih menunggu surat cinta dari Google. Aku harap di tahun 2021 ini aku bisa lebih produktif lagi. Semoga ya.

6. MULAI TERTARIK DENGAN MINIMALISM
Tahun 2020 menjadi tahun pertama aku berkenalan dengan konsep hidup minimalis. Masih dalam tahap menggali lebih dalam, belum sampai ke penerapannya. Pelan-pelan dulu ya...

Kilas baliknya sepertinya cukup sampai di sini. Buat yang sudah baca sampai habis, terima kasih ya.
Jadi, bagaimana dengan 2020-mu?

post signature

Posting Komentar

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤