Pertama Kali Order Template Blog di Etsy

14 Juli 2020

Hai hai!

Dalam rangka ingin menghabiskan sisa saldo Paypal, aku putuskan untuk order sesuatu. Sebenarnya aku jarang belanja online dengan sistem pembayaran via Paypal. Malahan itu bisa dihitung jari. Seingatku baru tiga kali sih. Semuanya di tempat yang berbeda.

Pertama, beli buku di Belbuk.
Kedua, beli custom intro music buat kanal YouTube-ku di Fiverr.
Nah yang ketiga, aku beli template blog di Etsy.

Kalau di Belbuk dan Etsy, nggak masukin nomor kartu kredit juga udah bisa. Sebagai pengguna Paypal yang nggak ada kartu kredit dan memang nggak ada niatan sama sekali buat punya kartu kredit sejauh ini, aku senang banget dengan kemudahan yang diberikan oleh pihak Belbuk dan Etsy dalam pembayaran. Habisnya, di Fiverr aku perlu bantuan jasa Paypal dulu buat order.

Kembali ngomongin template blog.


Beberapa waktu lalu aku sempat nonton video Etsy Haul punya content creator dari luar negeri. Rata-rata pada belanjanya produk stationery gitu. Jadi sepertinya memang lebih ke produk kerajinan tangan kali ya. 

Berawal dari iseng aja, aku unduh aplikasi Etsy dan mampir sesaat ke sana. Yah, barangkali sistem pembayarannya seperti Fiverr. Butuh masukin nomor kartu kredit dan lain-lain. Pasti aku nggak akan order. Tapi ternyata, sesimpel itu dong buat belanja online di Etsy.

Nggak tahu kenapa, aku malah kepikiran buat cari template baru buat blog ini lewat Etsy. Berharap nggak ada yang jual biar nggak jadi beli. Eh, tapi ternyata banyak dong yang jual. Sebelum mampir ke Etsy, aku sempat intip profil instagramnya moshicoo. Desain blognya super cute pake banget. Apalagi bagian headernya. Eye-catching! Hasrat ingin order pun langsung membuncah. Sayangnya pas itu mereka lagi close order. Saat postingan ini diketik, aku kepoin lagi akun instagramnya, eh mereka udah open order. Mungkin inilah yang dinamakan nggak berjodoh.

Cukup lama aku melakukan ritual cuci mata di Etsy, lihat-lihat yang lucu-lucu, tahu-tahu udah setengah jam berlalu. Memang nggak banyak template blog yang nge-klik di aku. Selain desain blog, tentu saja faktor yang paling menentukan adalah budgetnya cocok di aku apa enggak. Berhubung sisa saldo di Paypal hanya US$7, jadi segitulah budget aku.


Meskipun yang masuk bagian favoritku hanya dua template, pada akhirnya yang kuorder bukanlah yang dua itu. Aku justru order template blog yang cuma beberapa detik saja aku pandangi, sebelum akhirnya aku merelakan beberapa dolar Paypal-ku demi template tersebut.


Lagi promo nih!

Entahlah. Mungkin karena seller-nya @SkyandStars juga orang Indonesia jadi aku ngerasa makin klik saat itu. Misalkan ada kendala dalam proses instalasi template baru, kan jadi lebih mudah untuk konsultasi dengan seller karena bahasanya yang nyambung. 

Proses check out di Etsy juga super gampang seperti yang aku infoin sebelumnya. Cuma butuh beberapa klik, nyambungin ke akun Paypal, udah deh, saldo Paypal otomatis berkurang. Artinya proses pembayaran sudah selesai.


Mungkin inilah keuntungan beli digital item di Etsy. Nggak perlu pakai ekspedisi apa pun, nggak perlu capek-capek nunggu berhari-hari. Soalnya memang secepat itu orderan sampai. Nggak sampai 24 jam loh!

Aku order template blog yang dinamai Responsive Blogger Template - Blogspot Template - Mobile friendly Blogger Theme - RED dengan harga yang awalnya US$10.6 kini diskon jadi US$6.6 (jika dirupiahkan sebesar 95ribuan). Dari orderan itu, aku dapat satu file zip yang begitu aku ekstrak isinya adalah satu file yang berekstensi xml, satu folder yang isinya beberapa kode gadget codes, dan satu file pdf 13 halaman yang memuat step by step cara instalasi template dalam bahasa Inggris.

Pertama kali kubuka panduannya, aku jadi agak malas. Ternyata nggak bisa langsung jadi gitu ya. Masih harus menyesuaikan ini dan itu. Ya kalau langsung sukses. Kalau ending-nya malah makin berantakan, kan rasanya nyess gitu. 

Satu jam setelah rasa malas menghasut semangatku, aku mulai bergairah kembali untuk utak-atik template. Nggak bisa langsung tringgg jadi sih. Aku bahkan sempat kirim email ke SkyandStars untuk menanyakan beberapa hal. Agak terlambat responsnya karena memang saat itu hari Minggu. Aku lupa saking semangatnya ngerombak blog ini. Haha.

Tapi pada akhirnya berhasil kok.

SEBELUM



SESUDAH




Gimana? Gimana? Gimana pendapat kalian soal template blogku yang baru ini?

Aku sih suka!

post signature

2 komentar

  1. amat sangat jauh berbeda dengan template sebelumnya
    makanya agak bingung pas pertama kali mampir lagi ke blog ini, karena tampilannya beda
    bagus banget uy

    sejauh ini, gue masih menggunakan template gratisan sih
    heuheu
    tapi emang pernah sempet kefikiran buat beli template, karena template gratisan ya agak gimana gitu. tapi paling melelahkan emang pas ngotak-ataik html nya. capek sih. tapi setelah liat hasilnya, ya puas sendiri
    mau kepoin ah si penjual template ini

    BalasHapus
  2. Ihh pantesan jadi keliatan jauh lebih profesional yaa

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤