Yuk Kenalan dengan LAN!

1 Desember 2016


PENGERTIAN

Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah, atau lainnya. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Sumber: di sini

Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi W-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node ataau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga  dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. 
.
.
CIRI-CIRI
  • Jarak antar terminal tidak terlalu jauh
  • Pada umumnya LAN tersebut milik suatu organisasi atau perusahaan
  • Umumnya tidak menggunakan fasilitas jaringan telepon, sehingga kecepatan pengiriman data juga tidak tergantung pada jaringan tersebut
  • Menggunakan media transmisi berupa kabel yang khusus untuk komunikasi dan biasanya mempunyai kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi (1-10 MBps)
  • Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut
.
.

PRINSIP KERJA
LAN dapat didefinisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas di dalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer saling berhubungan dalam jaringan pertukaran data. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub atau switch akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini, hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.

Rangkuman dari:
link 1, 2, 3, 4, dan 5


Nama: Selvia Sari Rahmawati
NIM: 153141614111003


Dosen Pengampu: Eka Ratri, Ssi, M.Sc & Pitoyo Widhi Atmoko, M.Si

post signature

4 komentar

  1. nice info ^^
    thanks neng Misfil ^^

    BalasHapus
  2. apakah di masa ke depan nanti LAN bisa semakin mempermudah dan mempercanggih kebutuhan manusia ?

    BalasHapus
  3. Oh very interesting this looks like homework
    xx

    www.sakuranko.com

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤