Akhirnya 4G!

23 Oktober 2021

Akhirnya!

Sekian lama nggak gubris sms operator, muncullah sms bernada 'kalo nggak ganti, ntar nomornya hangus loh'. Berkat sms itu, aku memutuskan mau nggak mau harus urus upgrade 3G to 4G.


Kartuku yang sekarang Indosat, sudah bertahun-tahun pakai nomor ini. Ribet kalau harus pakai nomor baru. Hafalin nomor lagi. Meskipun sempat kepikiran buat ganti nomor, tapi yaudahlah cukup satu nomor aja daripada banyak nomor tapi nggak keurus.

Perjalanan buat upgrade 4G juga nggak mulus, yang langsung berhasil.

Pertama, di sini nggak ada Gerai Indosat (atau Griya Indosat, sama aja).

Kedua, aku dapat sms dari Griya Indosat yang menyarankan tiga konter di kotaku untuk penggantian kartu. Aku coba ke konter yang paling dekat rumah, ujung-ujungnya nggak ketemu!

Ketiga, CS Indosat via Twitter sering banget aku tanyain perkara upgrade ini. Buat kalian yang mau tahu, lokasi penggantian kartunya di kota kalian di mana aja bisa ke link ini. Sejujurnya aku baru dapat link itu setelah percakapan super panjang. Bahkan aku sampai ditelepon nomor Amerika Serikat, dan pas diangkat, suruh nunggu karena laporan masih tengah ditangani.


Keempat, sekitar H-7 aku sempat isi form di situs resmi IM3 Ooredoo (yang ini), berharap bakalan sampai kartunya tepat waktu. Di situ tertulis estimasi pengiriman 1-5 hari kerja, jadi aku pikir seminggu bakalan sudah sampai. Ternyata sampai detik ini, tetap nggak sampai, entah nyangkut di mana kartunya. So sad!


Kelima, memang dasarnya suka kepepet, pada hari H yang katanya nomor akan mati kalau nggak upgrade 4G, aku pun beli kartu upgrade di konter dekat rumah. Itu juga setelah mampir ke satu konter dan di situ nggak jual. Harga kartu upgrade-nya 30ribu. Sekilas info, di Shopee ternyata banyak yang jual dengan harga yang variatif.


Keenam, begitu sudah beli kartu upgrade, aku coba sendiri buat upgrade dan... gagal! Tentu aja langsung panik. Perasaan hp yang dipakai udah sama, tapi kok nggak bisa. Ternyata, kalau dual sim harus diletakkan di sim yang sama, misal kartu lama di SIM1, ya kartu upgrade-nya harus di SIM1 juga. Nggak bisa berdampingan.

Cara upgrade mudah kok, nggak sampai setengah jam. Kalau berhasil.

Cukup sms GANTI ke 4949 pakai nomor 3G kalian. Lalu, kalian akan dapat kode OTP yang berlaku hanya 15 menit.

Segera ganti kartu 3G kalian dengan kartu upgrade

Tekan *4949# dan masukkan kode OTP yang tadi. 

Apakah sudah selesai prosesnya?

Belum.


Nanti akan muncul tampilan seperti ini. Dalam 15 menit ke depan, restart ponsel kalian. Begitu kalian mendapat sms ini, maka proses baru benar-benar selesai.


Setahuku kalau gantinya di Gerai Indosat, proses upgrade ini nggak dipungut biaya. Kalau dapat kartu upgrade dari situs resmi Indosat juga kartunya akan dikirim secara gratis. Tapi berhubung aku pas kepepet, jadi ya keluar biaya. 
.
.
.

ALASAN HARUS GANTI KE 4G


PROSEDUR UPGRADE 4G YANG BAIK DAN BENAR


[ BONUS ]


post signature

3 komentar

  1. Hemm, biasanya sulit buat jadiin kartu 4G apalagi di hp tertentu, mantap ini sama tutorialnya sekalian. Terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  2. Wah sekarang semakin canggih apalagi dulu 3G, sekarang 4G, eh terus ada yang baru 5G

    BalasHapus
  3. Nomorku juga masih belum update ke 4G, kemarin sempat mau ngurus ternyata wajib bawa KK gitu, akhirnya gak jadi deh hehe

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤